10 Fakta Menarik Tentang Uruguay - Gadag World and News

Hot

Post Top Ad

Selasa, 12 April 2011

10 Fakta Menarik Tentang Uruguay




1. Uruguay menjadi satu-satunya negara yang punya tiga huruf sama dalam lima huruf awal namanya.

2. Nama Uruguay berasal dari frase dalam bahasa Guarani yang berarti 'Sungai yang Selalu Berhiaskan dengan Burung.' Dalam kata lain negeri ini sangat cantik karena sungai-sungainya yang indah bertambah indah karena selalu dipenuhi burung-burung yang cantik pula.

3. Nama resmi Uruguay adalah República Oriental del Uruguay. Kata 'oriental' diambil karena letaknya yang berada di Timur sungai Uruguay.

4. Jika dirata-rata populasi per kepala, maka Uruguay sudah memenangi pertandingan Piala Dunia lebih banyak dibanding negara lain.

5. Sepanjang keikutsertaan di Olimpiade, Uruguay hanya memenangi dua emas. Hebatnya, itu diraih dari cabang sepakbola pada 1924 dan 1928.

6. Pada 2008, Uruguay mencetak rekor dunia baru dengan barbeque terbesar yang melibatkan 12 ton daging sapi.

7. Di tahun yang sama dilaporkan ada 52 sapi yang tewas karena kilatan petir di Uruguay. Ternyata sapi-sapi itu ditempatkan di kandang berbahan besi saat badai tengah berlangsung. Akibatnya sapi-sapi itu menjadi 'sasaran empuk' petir yang menyambar.

8. Ketika Australia mengalahkan Uruguay lewat adu penalti di play off Piala Dunia 2006, tanah tempat titik penalti itu digali dan dibekukan untuk kemudian dipamerkan.

9. Uruguay menjadi satu-satunya negara di Amerika Selatan yang berada di luar area tropis.

10. Pada 2007, Uruguay menjadi negara pertama di Amerika Selatan yang mengesahkan pernikahan sesama jenis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad